Piye

RSUD tripat Juara 1 Pengelolaan Limbah Nasional

SuaraLombok.com | Lombok Barat - Prestasi membanggakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tripat Lobar. Pasalnya, baru-baru ini RSUD tersebut membawa nama baik NTB dengan meraih juara 1 Pengelolaan Limbah di tingkat Nasional yang diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dengan predikat biru.

Manajemen limbah merupakan salah satu item yang dinilai penilaian terhadap RSUD tersebut. “Hotel dan Rumah Sakit diharapkan dapat menerapkan tata kelola limbah yang ramah lingkungan,” demikian dijelaskan Kepala Tata Usaha RSUD Tripat Lobar Arief S yang diwawancara diruang kerjanya, Senin (9/1).

Dalam konteks ini, kata Arief, sebuah institusi dinilai dengan indikator seperti dokumen lingkungan seperti amdal, Pengendalian Pencemaran Air (PPA) dan Pengendalian Pencemaran Udara (PPU), serta Pnnggelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Dikatakannya, sebagai institusi sasaran, pihaknya pun harus menerapkan tata kelola limbah yang baik. Apalagi, kata dia, limbah yang dihasilkannya sangat berbahaya buat lingkungan sekitarnya bila tidak dikelola secara baik.

Di penghujung tahun 2016 ini, lanjutnya, RSUD Tripat memperoleh sertifikat BIRU dalam pengelolaan limbah berbahaya dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI yang diberikan melalui BLH Provinsi NTB. Sertifikat Biru ini adalah satu-satunya untuk Rumah Sakit di NTB. Kementrian Kehutanan dan LH RI memiliki 4 jenis kategori warna dalam sertifikatnya yang menjadi tanda capaian prestasi yang diperoleh sebuah institusi yang dinilai. 

Paling Rendah adalah warna Hitam, menyusul level 2 dengan warna merah, level 3 adalah biru, level 4 adalah hijau dan kuning emas sebagai warna level tertinggi. Di NTB saja, selain RSUD Tripat tidak ada rumah sakit lain yang mencapai level 3 (biru). 

PT. NNT dan beberapa hotel bintang 4 sudah mencapai level 4 (hijau) yang oleh manajemen RSUD Tripat ditetapkan untuk dapat dicapai di tahun mendatang. (Dade)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.