Piye

PNS Lotim Banyak Tak kantongi Akta Nikah

SuaraLombok.Com l Lombok Timur -  pihak Pengadilan Agama Selong menyayangkan masih banyaknya Para Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Lombok Timur yang belum memiliki akta nikah sah sebagai prasyarat tertib administrasi pernikahan.

Berdasarkan data tahun 2016 misalnya jumlah warga yang melakukan isbat nikah untuk memperoleh akta nikah sebanyak 752 orang, dan sebagian besarnya adalah PNS di lingkup pemda Lombok Timur mencapai angka 40 persen.

" Seharusnya PNS yang sudah nikah wajib memiliki akte nikah, akan tapi kenyataannya banyak yang belum membuat akta nikah," ungkap Humas Pengadilan Agama Selong Hamzanwadi kepada Suara Lombok.

Ditambahkannya meski dianggap sah secara agama, namun sesuai dengan aturan undang undang (UU) No.1 tahun 1971 tentang perkawinan setiap warga Negara yang sudah menikah harus tercatat namanya, sebagai prasyarat sahnya pernikahan dalam aturan Negara. Hal tersebut nantinya akan berbunutut pada tersendatnya si PNS untuk mengurus tunjangan struktural, ataupun akta kelahiran anak.

" Kalau tidak ada akte nikah itu tentunya tidak akan bisa diproses," pungkasnya. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.