Piye

Pilwabup Ngambang, Gubernur Surati Bupati dan Dewan Lobar

Pilwabup Ngambang, Gubernur Surati Bupati dan Dewan Lobar
SuaraLombok.Com | Lombok Barat – Pengisian jabatan lowong Wakil Bupati Lobar mengambang. Setelah Peraturan Daerah (Perda) Tata Tertib ditetapkan, Panitia Pemilihan (Panlih) Wabup Lobar pun tak kunjung dibentuk oleh pihak DPRD Lobar. 

Kondisi itu pun menjadi perhatian Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi, orang nomor satu di NTB itu melayangkan surat himbauan kepada Bupati dan DPRD Lobar tertanggal 18 Januari. 

Mendapat perhatian dari Gubernur NTB, kalangan dewan pun kembali antusias. Wakil Ketua III DPRD Lobar Sulhan Muchlis Ibrahim pun mengungkapkan bahwa isi dalam surat himbauan itu adalah memerintahkan dengan segera kepada Bupati Lobar untuk segera mengajukan dua nama calon Wabup ke pihak DPRD Lobar. “Isi surat itu juga sudah kita sampaikan ke sejumlah partai pengusung, yang disampaikan saat rapat paripurna,” ungkapnya. 

Apakah itu sebagai intervensi Gubernur NTB ? dengan cepat hal itu dibantah Sulhan. Menurut dia, tak ada intervensi apapun yang di lakukan Gubernur NTB atas pilwabup Lobar. ”Saya pikir itu tidak bisa (intervensi). Apalagi tidak ada dampak hukum kalau surat itu tidak dijalankan,” jelasnya. 

Sulhan menilai, surat tersebut hanya bersifat himbuan. Namun tetap bola liar Pilwabup Lobar ada pada lima partai pengusung yakni PDIP, PAN, Hanura, Golkar, dan Demokrat. Bahkan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid pun, tidak bisa mengintervensi partai pengusung untuk segera mengajukan calon. 

Terlebih lagi, peraturan pemerintah (PP) dari Kemendagri yang ditunggu-tunggu sampai sekarang tak kunjung turun. “Sudah hampir dipastikan, Pilwabup Lobar tidak akan terwujud. Kecil kemungkinan, karena sejauh ini baru dua partai pengusung yakni Partai Golkar dan Hanura yang telah menetapkan calon. “ imbuhnya. 

Seperti diketahui, hanya, dua partai pengusung yang sudah jelas memunculkan calonnya,yakni Partai Golkar Dan Hanura yang  mengutus Nauvar F Farinduan, Sedangkan tiga partai pengusung lainnya belum menetapkan nama calon yang di rekomendasikan mengikuti pilwabup untuk mendampingi Bupati Fauzan Khalid disisa masa jabatan sampai 2019 mendatang. (05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.