Piye

Petani Dusun Nyangket Diperkirakan Gagal Panen , Ini Penyebabnya

SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Tanaman padi di puluhan petak sawah pertanian  Dusun Nyangket Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Lombok Tengah mengalami batang kemerahan dan diserbu hama kecil. Hal ini diduga akibat tingginya potensi hujan malam yang secara intens.

H. Iyud yang ditemui di persawahannya menjelaskan, melihat kondisi padi kali ini seolah daunnya kemerahan dan  buahnya kehitaman. Kondisi tersebut diduga intesitas hujan yang terus terusan melanda malam hari.

''banyak padi disini batang dan daun padi kemerahan. Buahnya pun terlihat kehitaman,''ungkapnya.

Menurutnya, Jika batang padi mengalami penyakit seperti itu, dipastikan hasil panen mendatang diperkirakan mengurang dan merugi. Untuk itu lanjut H. Iyud, pemerintah terkait, harus ikut andil guna memberikan penanganan sebagai jalan keluarnya. Jangan hanya duduk ditempat, mereka harus turun lapangan, tambahnya.

Senada dengan H Iyud, Tua Kedin juga mengeluhkan jika  semua padi miliknya mengalami penyakit yang sama. Hal ini akan menjadi dilema bagi petani saat  panen nantinya. Bayangkan, cetus dia,  sebelas petak lahan padinya diserang banyak oleh hama kecil yang beragam.

'' Saya bingung dengan kondisi padi sekarang, semua padi saya diserbu hama kecil yang macam macam jenis,''keluhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain penyakit, saat umur padi membutuhkan pupuk, namun persediaan pupuk menjadi langka dan susah dicari. Rusaknya fisik padi sekarang, bisa dipicu akbat keterlambatan pemberian pupuk pada waktunya.

''pPersedian pupuk waktu itu, sangat langka,''ungkapnya.

Dia berharap pemerintah segera turun tangan dan terbuka dengan keluh kesahnya petani untuk dapat menemukan titik tekannya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.