Piye

Peringkat NTB Melorot di KI, Ini Permasalahannya

Peringkat NTB Melorot di KI, Ini Permasalahannya
SuaraLombok.com | Mataram - Pernah menduduki peringkat pertama terkait Keterbukaan Informasi (KI), saat ini justru merosot hingga posisi sembilan. Hal ini diakui Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan TIK NTB Tri Budiprayitno, Kamis (19/1).

“Kita turun dari peringkat satu ke empat kemudian ke posisi sembilan,” ungkapnya.

Setelah ditelusuri, sebanyak 21 Website SKPD Provinsi NTB dinyatakan tidak aktif alias mati. Hal tersebut diperkirakan akibat faktor SDM yang tidak memenuhi kompetensi. “Di salah satu SKPD telah kami hubungi dan mengakui jika Web mereka tidak aktif lagi,” jelasnya.

Sebelumnya NTB pernah mendapat peringkat pertama untuk keterbukaan informasi. Bahkan daerah lain justru berguru pada NTB. Namun sayangnya hal ini tidak berlangsung lama. Daerah lain yang belajar di NTB justru lebih unggul saat ini.

Sebab itu, Diskominfo dan TIK NTB menawarkan solusi dengan mencari orang yang mau dan gemar menggeluti bidang ini di setiap SKPD. Diskominfo dan TIK NTB siap memberikan pelatihan pada orang tersebut.

Menurutnya, hal ini sebagai langkah untuk menggapai lagi peringkat NTB sebagai provinsi dengan keterbukaan informasi terbaik. Sebagai langkah awal, Diskominfo dan TIK tengah menggarap Web Pemprov NTB dan memastikan masing-masing domain SKPD. “Kami pun juga mengelola Web Diskominfo sendiri,” akunya.

Namun lanjut Tri, masih sulit untuk langsung mengejar target menjadi nomor satu kembali. Semua akan dilakukan secara bertahap. Ia optimis untuk membawa NTB masuk dalam lima besar tahun ini. “Kami akan perjuangkan dan semoga bisa kembali lebih baik,” harapnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.