Piye

Penanganan Banjir di Bima Diapresiasi, Ini Penyebabnya

Penanganan Banjir di Bima Diapresiasi, Ini Penyebabnya
SuaraLombok.Com | Mataram - BPBD NTB mengapresiasi Kota Bima dan kabupaten Bima sebagai “Kota tangguh”. Hal tersebut dikarenakan banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu, tidak ada menelan satu korban pun.

“Bima merupakan kota yang berhasil dan saya juluki dia sebagai kota tangguh,” ungkap Kepala BPBD NTB Muhammad Rum, Senin (23/1).

Ia menjelaskan, dengan banjir yang berskala besar dan bertubi-tubi, dimana bhampir seluruh kota bima tenggelam dan tidak ada satupun korban yang meninggal.

Hal itu yang membuat kota Bima mendapatkan apresiasi. Ia berharap daerah lainpun bisa mengikuti Bima. Mulai dari hal dini seperti pemberitahuan siaga bencana awal melalui Handy Talky (HT) sebagai alat komunikasi. “Setiap kepala lingkungan dan kadus sudah di lengkapi alat tersebut,” Imbuhnya.

Dijuluki sebagai kota tangguh bencana, dikarenakan mereka sudah memiliki persiapan dengan matang. Walaupun sebenarnya harta benda benda milik warga sudah habis terkena banjir. Namun semua nyawa masyarakatnya berhasil di selamatkan. “Harta bendanya tidak bisa diselamatkan yang penting nyawa diselamatkan,” pungkasnya.

Ia menambahkan, Tim BPBD Kota Bima sudah siaga dan akan langsung merespon jika mulai mendung  dan hujan tiba. Dan sesegera mungkin mengecek perilaku air sungainya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.