Piye

Pejuang Tanah Adat Masih Kuasai Lahan TNGR

SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Sempat direbut kembali oleh pihak Tanam Nasional Gunung Rinjani (TNGR), namun nyatanya sampai saat ini ratusan hektar lahan milik TNGR di wilayah Jurang Koak, Kecamatan Wanasaba Lotim masih dikuasi Pejuang Tanah Adat Desa Bebidas.

Kepala Balai TNGR NTB, Agus Budi Santoso saat dikonfirmasi membenarkan bahwa sampai saat ini Pejuang Tanah Adat masih menguasai lahan milik TNGR di Jurang Koak tersebut. Namun begitu pihaknya akan terus mencari jalan agar lahan yang diambil warga itu bisa kembali ke tangan TNGR lagi, dan bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Kawasan TNGR di Jurang Koak masih dikuasi oleh warga walaupun kami sudah berusaha untuk mengambil kembali lahan tersebut, namun belum berhasil," ungkapnya.

Menurut Agus, untuk kelanjutan masalah lahan tersebut, nantinya akan ditangani Dirjen Pengawasan Hukum Kementerian Kehutanan RI.Terlebih lagi sudah ada warga yang diproses akibat persoalan tersebut. Saat ini Pihak pusat tengah menunggu proses hukum, lalu kemudian bisa mengambil langkah-langkah kongrit atas penanganan kasus tersebut.

"Yang jelas TNGR akan terus melakukan pengambilan lahan tersebut, karena biar bagaimanapun juga lahan itu menjadi hak milik TNGR sesuai dengan aturan hukum yang ada, " tandasnya. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.