Piye

Optimis, Maulana Syeikh Jadi Pahlawan Nasional

SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Saat ini Pemprov NTB tengah mempersiapkan syarat-syarat pendukung pengajuan Maulana Syeikh TGKHM.Zainuddin Abdul Madjid selaku pendiri NWDI, NBDI dan NW menjadi pahlawan Nasional.

Hal itu sebagai bentuk rasa optimisme Pemprov NTB bahwa kakek dari Gubernur NTB TGH.M. Zainul Majdi bisa menjadi pahlawan Nasional sepertin keinginan masyarakat NTB.

Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik kepada SuaraLombok.com pun mengaku bahwa Maulana Syeikh bisa masuk dalam kategori menjadi Pahlawan Nasional.

Untuk mencapai itu, sampai sejauh ini kelengkapan yang dianggap masih kurang seperti data kiprah penjuangan dalam pendidikan, serta silsilah perjuangan dalam melawan penjejah.

 Terkait itu pula, pihaknya pun telah membentuk tim guna mencari sumber ilmiah terkait perjuangan Maulana Syeikh dalam memperjuangkan NKRI merebut kemerdekaan melawan penjajah. Dari hasil kerja tim yang dibentuk, nantinya juga akan dilakukan penyusunan naskah hasil kerja.
 "Selain itu kami juga mencari pandangan orang-orang atau tokoh-tokoh terhadap sepak terjang perjuangan Maulana Syeikh semasa hayatnya," ungkap Ahsanul Khalik.

Lebih jauh ditambahkan Ahsanuk Khalik,  pengusulan ke pemerintah pusat diperkirakan akan dilakukan pada bulan April tahun ini. Tentunya dengan merampungkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Karena sebelum ke pusat, kata dia, penilaian awal dilakukan mulai dari tingkat bawah secara berjenjang.

"Kalau dilihat dari sepak terjang perjuangan Maulana Syeikh tentunya sangat pantas meraih gelar Pahlawan Nasional tersebut, sehingga dukungan dan doa masyarakat Bumi Gora sangat dibutuhkan untuk mewujudkan semuanya," tandasnya. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.