Piye

Meninggal di Abu Dhabi, Keberangkatan TKW Asal Lotim Non Prosedural

SuaraLombok.Com  l  Lombok Timur – Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) atas nama Mulkiah warga Dusun Tumbuh Mulia, Suralaga Lotim meninggal dunia di Abu Dhabi. 

Terkait jalur keberangkatan TKW malang itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat memastikan keberangkatannya dilakukan secara ilegal atau non prosudural.

Kepala Seksi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja pada DisnakerTran Lotim, Lalu Sahli memastikan bahwa almarhumah ketika berangkat ke Abu Dhabi melalui jalur tak resmi. 

“Dipastikan kalau TKW yang meninggal dunia di Abu Dhabi itu keberangkatannya non prosudural," tegasnya. 

Tak hanya itu, Sahli juga menyatakan bahwa keberangkatan Mulkiah melalui jasa pemberangkatan PT. Alkirani di tahun 2012 lalu dilakukan saat tengah ada moratorium pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. Pun keberangkatannya bukan melalui NTB, melainkan dari Jakarta. 

Dikatakannya, Mulkiah meninggal dunia akibat sakit yang dialami pasca terjatuh dari kamar mandi tempatnya bekerja, tanpa sepengetahuan majikannya. Lanjutnya, pihaknya mendapat laporan dari serikat buruh mengenai adanya TKW asal Lotim yang meninggal dunia.

"Kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak KBRI yang ada di Abu Dhabi untuk proses pemulangannya," tandasnya kemudian. (SL06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.