Piye

Kodim 1615 Lotim Tangkap Puluhan Kubik Kayu Ilegal

SuaraLombok.Com l Lombok Timur -  Sebanyak 21 kubik kayu jenis Snokling tanpa dokumen yang diduga berasal dari Kabupaten Dompu, diamankan anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1615 Lombok Timur  menangkap truk fuso pengangkut kayu snokling di Wilayah Aikmel, Kamis malam (26/1) sekitar pukul 20.00 Wita.

Penangkapan puluhan kubik kayu tanpa dokumen beserta alat angkut truk Fuso tersebut dibenarkan Komandan Kodim 1615 Lotim, Letkol. Inf. H.Mustofa yang diangkut dari Kabupaten Dompu menuju ke Gersik Jawa Timur dengan identitas pemilik kayu bernama CV. Gavra.


" Kami mengamankan fuso itu karena kayu yang dibawa tidak disertai dengan dokumen-dokumen yang lengkap, setelah mendapatkan informasi dari anggota yang berada di dompu," tegas Mustofa.


Lebih jauh Mustopa membeberken dugaan keterlibatan oknum Pegawai Dinas Kehutanan dalam upaya penyelundupan kayu ini. Hal tersebut berdasarkan surat fotocopy yang ditunjukkan sopir berlogo Dinas Kehutanan namun tidak terstempel, hanya dibubuhi tanda tangan, oleh oknum dimaksud.

Sementara untuk proses hukum lebih lanjut fuso bersama kayu itu dibawa ke Makodim Lotim, guna pengembangan penyelidikan lebih lanjut, untuk kemudian diserahkan ke Komisi Pengawasan Kayu (KPH) Dinas Kehutanan Provinsi NTB.

Dalam peraturan perundang undangan kayu snorkeling merupakan kayu langka yang dilindungi sesuai Surat Edaran Dirjen PHPL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SE.3/PPHH/SPHH/HP.L.3/12/2016 tentang pemanfaatan dan prosedur kayu snokling wajib memiliki ijin peredarannya.


"  Kodim akan menyerahkan kayu ini nantinya ke PKH Provinsi untuk ditindaklanjuti" pungkas Mustofa. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.