Piye

Kekurangan Bukanlah Penghalang Berkarya, Ini Buktinya

Kekurangan Bukanlah Penghalang Berkarya, Ini Buktinya
SuaraLombok.Com | Mataram - Kekurangan bukanlah penghalang untuk anak-anak ini berprestasi. Justru mereka memiliki sejuta potensi dan kelebihan. Hal ini yang menjadi motivasi SLBN Kota Mataram.

Kepala SLBN Kota Mataram Sungkono memaparkan, pihaknya memiliki program kemandirian khusus anak anak SMA. Yakni dilatih dengan program ketrampilan. Diantaranya dengan memberikan pelatihan khusus berkeahlian komputer serta pelatihan hasil karya.

" Alhamdulillah kami disini banyak ketrampilan seperti komputer, melatih tata busana, tata boga, sablon, rekayasa dan menyulam sepatu,''terangnya.

Setiap karya dalam ketrampilan dipastikan bisa laku dijual ke masyarakat. Untuk itu lanjut dia, hasil ketrampilan jenis jajanan dan olahan jenis kue akan disimpan di kantin milik sekolah dan kios diluar sekolah serta kerjasama dengan pasar modern yang ada.

" Hasil ketrampilan kami banyak diminta dan memesan,''katanya. 

Dijelaskan Sungkono, anak berkebutuhan khusus tersebut tidak hanya anak-anak penyandang disabilitas yang terlihat secara fisik, namun juga anak-anak yang bermasalah dalam sifat, mental, inteletual, sensorik hingga kemampuan belajarnya.

"Anak-anak jenis ini termasuk dalam gangguan neurologis, sehingga menimbulkan masalah pada kemampuan untuk menerima, memproses, menyimpan, merespon dan menghasilkan informasi,''katanya.

Meski dalam serba keterbatasan, layaknya orang normal, mereka juga memiliki kemampuan yang luar biasa. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.