Piye

Kasihan, Lotim Kekurangan Ratusan Dokter

Kasihan, Lotim Kekurangan Ratusan Dokter
SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Masalah kesehatan sangatlah penting bagi masyarakat. Namun sayangnya, di Lotim saat ini sedang mengalami krisis atau dokter. Demikian Kepala Dinas Kesehatan Lotim Asrul Sani. 

Dikatakannya, kekurangan dokter yang dimaksudkan adalah dokter yang berada di seluruh Puskesmas yang ada. Dikatakannya, ini menjadi perhatian pemerintah daerah untuk mencukupi kekurangan yang ada. "Memang Lotim mengalami kekurangan ratusan tenaga dokter, itu terjadi hampir diseluruh Puskesmas," ungkapnya. 

Dijelaskannya untuk saat ini jumlah dokter sebanyak 140 orang yang ditempatkan di Puskesmas. Sedangkan kebutuhan dokter mencapai sebanyak 240 orang sehingga tentunya kekurangan mencapai 100 orang tenaga dokter. Sementara untuk memenuhi kekurangan yang ada, setiap tahun pihaknya mengangkat dokter dengan status pegawai tidak tetap (PTT). 

Di tahun 2016 lalu, pihaknya membuka lowongan sebanyak 30 orang tenaga dokter, namun yang mendaftar hanya 20 orang saja. "Tak hanya dokter umum yang kurang, dokter spesialis juga mengalami hal yang sama," ujar Asrul Sani. 

Selain itu tambahkan Kadikes Lotim itu, untuk dokter PPT tersebut pihaknya membuat persyaratan agar dokter yang diterima mengabdi harus bersedia untuk tinggal di rumah dinas yang telah disiapkan. Hal itu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena banyak laporan dari masyarakat kalau dokter yang ditugaskan di Puskesmas banyak yang tidak tinggal di rumah dinas.

"Kami memberi syarat agar dokter yang ada di Puskesmas tinggal di tempat itu dan tidak boleh pulang dari tempat itu," tambah Asrul Sani. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.