Piye

Jelang UNBK, 13 SMP Ini sudah siap

SuaraLombok.com | Mataram-Sejauh ini sebanyak 13 SMP di Mataram akan siap melaksanakan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) mendatang. Selain siap dengan perangkat server dan komputer, 13 SMP tersebut dalam waktu dekat akan mengadakan Try Out menggunakan UNBK dalam mengukur kemampuan siswa.

Kepala Bidang pendidikan dasar H.Lalu Muh. Sidik  mengatakan, sesuai arahan kemendikbud RI bahwa pelaksanaan UNBK tidak diwajibkan. Hanya saja sekolah yang merasa mampu juga bisa menyelenggarakan. Asalkan sekolah tersebut memiliki  sarana dan prasarana, seperti server dan komputer.

''kami siap mendukung sekolah yang memiliki sarana dan prasarana seperti serfer dan komputer untuk menyelenggarakan UNBK, kami persilahkan,''ujarnya.

Dikatakannya, bagi sekolah yang kurang lengkap persyaratannya, sekolah diperbolehkan untuk bergabung dengan sekolah lain yang baru memiliki separuh sarana dan prasarananya. Namun harus tetap radius 5 kilometer. 

''sekolah satu dengan sekolah lain boleh bergabung, dengan radius 5 kilometer. Tapi untuk Mataram tidak ada sekolah yang sampai radius 5 kilometer,'' bebernya.

Dia menjelaskan, sebanyak data pendaftaran sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 ini, terhitung 13 sekolah yang sudah siap, khusus dari jenjang SMP yang ada di Mataram. Hingga kini akunya, pihaknya masih mengikuti proses pendaftaran hingga sampai tanggal 31 Januari.

Setelah semua persyaratan sarana dan prasarana sudah rampung, sekolah diharapkan mengadakan Try Out yang bertujuan untuk mengasah kemampuan anak sebagai bahan evaluasi. 

''sekolah disuruh untuk mengadakan Try Out dalam mengukur kemanpuan siswa,''katanya.

Selepas kegiatan Try Out, dikpora akan melakukan evaluasi kembali terhadap kegiatan tetsebut, untuk mengetahui terjadi kendala dan kekurangan terlebih pada teknisnya,   tutupnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.