Piye

Jelang Imlek 2568, Klenteng Bao Hoa Gong Direnovasi

Jelang Imlek 2568, Klenteng Bao Hoa Gong Direnovasi
SuaraLombok.Com | Mataram - Jelang perayaan tahun baru China atau Imlek 2568 yang jatuh pada 28 Januari 2017 ini geliatnya sudah terasa. Suasana tahun “Ayam Api” ini tampak membuat sejumlah pengurus klenteng Bao Hoa Gong atau biasa dikenal Po Hwa Kong melakukan bersih-bersih di dalam ruangan dan memasang pernik-pernik Imlek. Klenteng ini terletak di jalan Yos Sudarso no 180, Kelurahan Bintaro Kecamatan Ampenan Kota Mataram.

Pemangku Nengah Mudra mengatakan, hampir semua bagian Klenteng di bersihkan dan di depan pintu masuknya sudah dipasang lampu-lampu warna merah. Dan semua aksesoris Imlek yang digunakan serba warna merah.

“ Mulai dari Hiasan dinding, lampion serta aksesoris lainnya serba merah mas,” ungkapnya. Selasa (24/1).

Jelasnya, Warna merah tersebut sebagai simbol keberuntungan dalam segala hal bagi umat cina. Maka dari itu di setiap Imlek selalu warna merah yang menonjol.

Menurutnya, di perayaan Imlek “Ayam Api” ini di haruskan berhati-hati dalam berbagai hal terutma menjaga hawa nafsu. Karena di tahun ini diharapkan semuanya lebih baik dan lebih sempurna baik itu kesehatan maupun keuntungan.

“Dan di tahun Imlek ini di harapkan agar kita lebih baik, lebih sempurna, lebih sehat dan lebih untung,” imbuhnya.

Lanjutnya, mungkin di tahun 2016 ada yang mengalami kerugian baik itu fisik maupun material. Diharapkan di tahun “Ayam Api” ini bisa mendapatkan keuntungan.

Dan persiapannya sudah dilakukan 2 minggu sebelumnya. Dan tanggal 21 Januari sudah dilakukan upacara kenaikan dewa, hingga tanggal 22 Januari nya dilakukan gotong royong semua pengurus, utuk melakukan upacara abhiseka.

“Dan ini sebagai rasa terimakasih kami sebagai umatnya,” pungkasnya.

Tambahnya, hal ini sebagai bentuk rasa syukurnya akan semua yang diberikan Dewanya. Makanya di konsep Budha Tri Darma itu hanya sebagai simbolis.

Dan di bandingkan kemarin persiapannya sama saja, tidak ada yang beberbeda. Dan di hari acaranya, umat cina sepulau lombok akan hadir semua.

“ Tidak hanya itu disini kami juga akan tetap menjaga rasa solidaritas kami antara umat beragama,” tutupnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.