Piye

Inilah Sisi Menakjubkan Napi Perempuan Lapas Mataram

Inilah Sisi Menakjubkan Napi Perempuan Lapas Mataram
SuaraLombok.com | Mataram - Para tahanan perempuan Lapas Mataram Kelas IIa mendapatkan pembinaan keterampilan. Hal ini sebagai bekal mereka saat bebas dari tahanan kelak. Sehingga mereka tak perlu lagi jatuh di kesalahan yang sama.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIa Mataram Titik Daryani menuturkan, pembinaan terhadap tahanan perempuan selalu rutin dilakukan. Diharapkan para Napi memiliki bakat dan skills yang bisa dipergunakan saat bebas. “Kita tetap melatih dan mengembangkan minat dan bakat tahanan wanita,” akunya.

Para tahanan perempuan ini diberikan beragam pelatihan keterampilan. Salah satunya melalui seni tari. Mereka juga bisa tampil di berbagai acara hiburan.

Ia melanjutkan, selama ini petugas lapas selalu melakukan pendekatan pada mereka. Sebab diakui kondisi dan tempat tahanan perempuan belum bisa menyatu di lapas Mataram. “Jadi agak terbatas tapi kita mohon dukungan dari semua pihak untuk bisa melanjutkanya,” harapnya.

Ia juga mengatakan, jumlah tahanan perempuan yang ada sebanyak 52 orang. Dan ruang tahanan bagi mereka masih terbatas.  Sementara tahanan tersebut rata-rata memiliki kasus  narkotika dan  kriminal. “Tapi kebanyakannya narkotika.Jadi perandingannya 60 Berbanding 40 persen,” pungkasnya.

Ia menambahkan, petugas lapas akan terus melakukan pembinaan. Selain itu, petugas lapas tahanan wanita juga akan berkoordinasi jika mereka diperlukan untuk tampil menghibur dalam sebuah acara. “Untuk penampilan kami akan melakukan sesuatu yang lebih tradisional saja,” tandasnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.