Piye

Hebat ! Kelurahan Berikan Warga Pelatihan Skill Gratis

SuaraLombok |
Mataram- Kelurahan Pagesangan Barat telah melakukan MoU dengan hotel Sutaraja Mataram untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Hotel tersebut berjanji akan mengutamakan perekrutan tenaga kerja dari Kelurahan Pagesangan Barat.
“Kita sudah lakukan MoU dengan hotel tersebut,” aku Lalu Sweta Arif, Lurah Pagesangan Barat, Rabu (18/1).

Ia menjelaskan, MoU tersebut telah dilakukan sejak pembahasan ijin pembangunan hotel tersebut. Pada saat itu konsultan pihak hotel berjanji akan memprioritaskan tenaga kerja dari kelurahan.

Namun Arif meminta MoU dilakukan langsung bersama General Manager hotel tersebut. Sebab ia tidak ingin MoU itu terputus di konsultan saja. 

Akhirnya dibuatlah kesepakatan dengan tokoh masyarakat, agama, pemuda dengan pihak hotel.

“Nah sekarang tinggal bagaimana warga,” sambungnya.

Ia melanjutkan, tenaga kerja untuk hotel pun tidak asal kirim. Mereka diberikan pengetahuan dan pelatihan dibidang yang dibutuhkan. Seperti koki akan diberi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), sopir dikursuskan mengemudi dan memiliki SIM.

“Bahasa pun mereka juga harus belajar,” tukasnya.

Setelah mereka memiliki sertifikat, akan langsung dikirim ke hotel. Ini tak hanya bagi mereka yang bekerja di hotel. Mereka yang ingin mandiri pun juga mendapatkan pelatihan yang sama. Terutama bagi pemuda di kelurahan tersebut.

Arif menginginkan para pemuda meminta langsung untuk diberikan pelatihan. Ia tidak ingin memaksa, sebab hal tersebut nantinya tidak akan berjalan lancar.
“Dua kali ikut pelatihan terus berhenti, kan percuma,” tegasnya.

Untuk pelatihan itu sediri, pihak kelurahan bekerjasama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM). Hal ini karena kelurahan tidak memiliki anggaran untuk hal itu. Dana kelurahan terbatas hanya untuk beberapa program dan gaji pegawai honor.
“Di BKM ada anggarannya dan kita akan kerjasama dengan mereka,” lanjutnya.

Ia menuturkan, seperti pada 2014 hingga 2016 lalu, pihak kelurahan memberikan pelatihan servis handphone, jahit, dan perbengkelan.  Untuk jahit di tempat menjahit Kartini di Karang Tapen.
“Yang perbengkelan di beberapa bengkel,” akunya.
Setelah mendapat sertifikat, mereka akan difasilitasi oleh kelurahan. Jika mereka ingin mandiri, pihak kelurahan siap membantu.

“Kita sudah bicarakan ke BKM dan mereka mau merekrut warga yang tidak mampu tapi mau berusaha,” tandasnya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan memiliki kendala di anggaran. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Pagesangan Barat. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.