Piye

Hasil Sengketa Pilkades Serahkan Ke Bupati

SuaraLombok.Com Lombok Timur – Setelah hampir tiga minggu lebih bekerja, akhirnya tugas tim sengketa Pilkades serentak Kabupaten Lotim selesai sudah. Pihak tim akhirnya menyerahkan hasil kerjanya ke Bupati Lotim, H.M. Ali BD.

Seperti diketahui, tiga gugatan sengketa Pilkades ditangani tim sengketa. Ke tiga gugatan sengketa itu antara lain berasal dari calon dari tiga Desa yakni Desa Dasan Borok, Desa Tanjung Luar dan Desa Batu Nampar.

 Ketua Tim Sengketa Pilkades Lotim, Andika Istuwijaya kepada SuaraLombok di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim, Jumat (13/1) mengakui bahwa timnya sudah bekerja maksimal. " Tim sudah bekerja dan hasilnya selanjutnya diserahkan ke Bupati Lotim," ungkapnya Andika.

 Mantan Asisten III Setda Kabupaten Lotim itu mengatakan, hasil kerja tim sengketa Pilkades ini nantinya akan dijadikan acuan dan rujukan oleh Bupati Lotim dalam rangka pengambilan keputusan. Setidaknya itu akan menjadi jawaban terhadap persoalan ketidakpuasan calon terkait hasil Pilkades tersebut.

Andika memberi bocoran, bahwa hasil pembahasan sudah disusun dalam berita acara yang langsung disampaikan ke Bupati Lotim selaku pemegang kebijakan tertinggi di Kabupaten Lotim. Namun begitu terhadap calon yang tidak puas dengan hasil kerja tim sengketa Pilkades hendaknya mengajukan gugatan ke PTUN.

 "Dalam pengambilan keputusan tim sengketa menggunakan Perbub, Perda Desa dan peraturan perundang-undangan yang ada," ujar Andika Istuwijaya seraya menegaskan gugatan yang diajukan tiga calon kades yang kalah tidak mempengaruhi hasil Pilkades. (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.