Piye

Gubernur NTB Beri Sinyal Pemekaran Kecamatan di Lotim

Gubernur NTB Beri Sinyal Pemekaran Kecamatan di Lotim
SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Adanya usulan pemekaran kecamatan di Kabupaten Lombok Timur mendapat sinyal positif dari Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi. Sinyal yang dimaksud adalah berupa memberi rekomendasi terkait usulan yang diajukan tahun 2016 lalu.

Beberapa kecamatan yang direkomendasikan untuk dilakukan pemekaran antara lain Kecamatan Kotaraja yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Sikur, kecamatan Lenek yang merupakan pemekaran dari kecamatan Aikmel dan Kokok Putik yang merupakan pemekaran dari Sambelia.

Kepala Bagian Organisasi Setdakab Lotim, Ipran Widiatman membenarkan kalau pihak Pemkab Lotim telah menerima informasi mengenai persetujuan Gubenur NTB terkait usulan itu. Pihak Pemprov NTB dikatakannya telah memberikan sinyal positif agar pemekaran itu bisa dilakukan dengan mengajukannya ke pemerintah pusat. 

"Memang Gubenur sudah memberikan rekomendasi terhadap pemekaran tiga kecamatan di Lotim bersama dengan kabupaten Lainnya yang mengusulkan pemekaran kecamatan," tegas Ipran Widiatma.

Selanjutnya kata Irpan, proses yang dilalui nantinya adalah dengan bersurat ke pusat untuk mendapatkan persetujuan atau keputusan mengenai pemekaran kecamatan tersebut. Karena yang menentukan disetujui ataukah tidaknya pemekaran kecamatan yang diajukan Pemkab Lotim berada di tangan pusat.

Setelah keluar keputusan pusat maka Pemkab Lotim akan membahasnya bersama DPRD Lotim, untuk kemudian diputuskan dalam bentuk Perda yang menguatkan dengan mengacu pada persetujuan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

" Pemkab Lotim optimis kalau pemekaran tiga kecamatan itu akan disetujui pusat, karena dilihat dari jumlah penduduk dan luas wilayah sangat pantas untuk dimekarkan," tandas Ipran seraya menambahkan, saat ini di Lotim ada 20. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.