Piye

Edy Try Susanto, Guru Muda dengan Segudang Prestasi

SuaraLombok.com Lombok Barat- Edi Try  Susanto SPd, guru SMPN 4 Gerung Lombok Barat baru saja meraih Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Guru IPA di SMPN 4 gerung ini bahkan berhak mewakili Provinsi  dalam ajang pemilihan guru berprestasi tingkat nasional.

Ia memiliki banyak prestasi,  seperti Juara 1 guru prestasi Se Lombok Barat 2016. Juara 3 guru prestasi Se NTB dan juara 3 karya tulis guru tingkat NTB, Finalis inovasi pembelajaran tingkat Nasional, penulis pada forum kumunikasi karya ulmiah P4TK IPA Bandung 2016, dan penulis Simposium guru pada peringatan hari guru 2016.
“Semua keberhasilan ini berkat terhadap hobi  menulis,” ungkap Edi Try Susanto pada suara Lombok.

Edi mengaku, banyak penghargaan yang diterima. Ia berhasil mendapatkan sejumlah piagam dan hadiah uang dari pemerintah Kabupaten dan Provinsi.

''Selama bekerja, saya tidak pernah mengejar penghargaan dan uang ataupun meraih juara. Yang penting adalah bagaimana bekerja dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan profesi yang ditekuninya. Kalau kemudian memperoleh penghargaan, tentunya itu merupakan rezeki dari Allah SWT,” ujarnya.

Lebih jauh Edi  menjelaskan, selain pada proses pembelajaran , seorang guru harus memiliki kemampuan menulis. Sebab menulis itu bisa membagi dengan orang lain, tanpa menulis kita tidak bisa berbuat apa. 

''Sehingga apapun petsyaratan nanti tetap harus memiliki kemampuan untuk menulis,'' ujarnya.

Menurutnya guru prestasi yang dikirim oleh provinsi itu akan diseleksi.  Seleksi  pertama berupa  hasil tulisannya, ketika tulisannya rendah meski dengan membawa dukungan data dan dukungan berkas setebal apapun, tetap saja dianggap gagal dan hanya dianggap sebagai peserta undangan.

''ternyata orang berhasil dan sukses dikenal karena tulisan,''pungkasnya. (Dade)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.