Piye

DPRD Solok Intip Informasi di Lobar

DPRD Solok Intip Informasi di Lobar
SuaraLombok.Com | Lombok Barat - Komisi B DPRD Solok-Sumatera Barat, Selasa (24/1) melakukan lawatan ke Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kunjungan kerja ini bertujuan ingin memperoleh sejumlah informasi terkait Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu, Ketenagakerjaan serta Koperasi dan UMKM.

Kedatangan para wakil rakyat Solok itu ingin mempelajari mekanisme perizinan dan investasi, pengembangan produk unggulan yang berbasis koperasi dan usaha mikro serta serapannya terhadap sektor tenaga kerja.

Tim yang berjumlah 15 orang itu, diterima oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab.Lobar, Ir.M. Sakri beserta sejumlah SKPD terkait di Aula Umar Maya. Rencananya, selepas melakukan kungker ke Pemkab Lobar, tim yang lengkap dengan Ketua, Sekretaris dan anggota komisi ini, akan mengunjungi Pemkab Lombok Tengah. Tujuannya pun sama, ingin memperoleh informasi yang sama dan sekaligus melakukan perbandingan regulasi dan terapannya di 2 Kabupaten di Pulau Lombok ini.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Lobar, Ir.M. Sakri memaparkan perkembangan perekonomian di Lobar. Dengan APBD sebesar Rp 1,6 trilyun serta PDRB didominasi oleh sektor pertanian, maka Lobar pun terpacu untuk mengembangkan iklim usaha yang baik melalui Koperasi dan UMKM yang juga terimbas oleh pengembangan wisata yang mempunyai multi player effect. Terutama pada sektor jasa akomodasi dan konsumsi yang berkontribusi lebih dari 6,6% dari total PDRB tahun lalu.

Di sektor usaha mikro, pun dikembangkan industri olahan yang dilaksanakan oleh kelompok-kelompok masyarakat, terutama yang berbasis pada olahan hasil pertanian, perkebunan, dan hasil hutan non kayu.

Ketua Komisi B DPRD Solok, Septrismen, selaku pimpinan rombongan tamu, berharap  semua informasi terkait regulasi dan kunjungan lapangan, sepenuhnya akan menjadi salah satu reperensi dan acuan sekembalinya ke daerah asal. Dia mengakui, Kabupaten Solok, dari sisi regulasi pembangunan, jauh berada di bawah Pemkab Lobar. “Untuk itu kami sengaja memilih Lombok Barat sebagai sasaran kunjungan,” kata Septrismen.

Setelah melakukan dialog informasi, rencananya hari ini juga, tim akan mengunjungi sentra kerajinan Gerabah di Desa Banyu Mulek. 

“Terima kasih, atas sambutan dan bantuan dari informasi dari pemkab Lombok Barat,” sambungnya. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.