Piye

Disnakertran Lotim tak Miliki Kewenangan Soal Pekerja Asing

Disnakertran Lotim tak Miliki Kewenangan Soal Pekerja Asing
SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Keberadaan tenaga kerja asing yang bekerja di Dermaga Labuhan Haji nampaknya masih menimbulkan polemik. Terkait itu, pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur menolak berbicara terlalu banyak tentang hal itu dikarenakan terbatasnya kewenangan yang dimiliki. 

Kepala Disnakertrans Lotim, Andika Istuwijaya, Kamis (19/1) menegaskan bahwa persoalan tenaga kerja asing merupakan kewenangan dari Pemprov NTB dalam hal ini Disnakertrans NTB. "Kabupaten Lotim tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja. Itu tugas Provinsi NTB," tegasnya. 

Andika menjelaskan bahwa semua itu sudah diatur sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor18 tahun 2016 tentang pengawasan tenaga kerja diambil dari kabupaten ke Provinsi. Namun demikian, pihaknya tidak serta merta tutup mata terkait permasalahan itu, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi NTB terkait pengawasan terhadap pekerja asing yang ada di Lotim. 

"Seiring dengan ditariknya petugas pengawasan tenaga kerja ke Provinsi, maka kewenangan Kabupaten sangat terbatas," tandasnya kemudian. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.