Piye

Dana Rp 50 Juta Dinilai Belum Maksimal Atasi Masalah Sampah

SuaraLombok.com | Mataram- Rencana bantuan pemberdayaan lingkungan sebesar Rp 50 juta kembali mendapat tanggapan dari kepala lingkungan. Dana yang diperkirakan akan cair tahun ini justru dinilai tidak akan maksimal.

“Saya rasa dana tersebut tidak akan maksimal digunakan selama satu tahun,” ujar I Komang Sumantra, Kepala Lingkungan Batu Dawe Kelurahan Tanjung karang, Senin (30/1).

Menurutnya, dana pemberdayaan tersebut belum cukup untuk penangan sampah selama satu tahun. Terlebih lagi dana tersebut telah dibagi menjadi beberapa item. Bahkan honor kepala lingkungan pun dipotong dari dana tersebut.

“ Tinggal berapa sisanya? Sudah jelas tidak akan maksimal,” tegasnya.

Dana tersebut dianggap belum mamapu menangani adanya kendala sampah. Terlebih lagi untuk menghilangkan imej Kota Mataram dengan budaya sampahnya yang buruk.

“Namun hal ini harus ditangkal,” sambungnya.

Lain halnya jika dana tersebut digunakan selama 6 bulan. Penanganan sampah kemungkinan bisa jauh dimaksimalkan. Namun ia mengaku, hal ini pun tergantung pembinaan yang dilakukan pihak kecamatan. 

Pihak kecamatan akan melakukan pelatihan dan pembimbingan pada seluruh kepala lingkungan terkait dana tersebut. pembinaan tersebut pun terkait program mana yang akan jadi prioritas untuk direalisasikan.

“bukan semata dana milik lingkungan,” imbuhnya.

Namun dia juga tak menampik dana tersebut juga akan memberikan dampak positif. Terutama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kualitas hidup bermula dari bagian dasar, yakni kebersihan yang akan mengarah pada kesehatan.

“Pasti akan menuju kesehatan yang baik,” pungkasnya.

Ia juga berharap, bantuan tersebut akan teralisasi dan penggunaannya sesuai dengan program. Dana tersebut tak hanya di prioritaskan pada kebersihan. Namun juga bisa membantu perekonomian masyarakat.

“Bisa beri bantuan untuk pedagang bakulan, pedagang kios, serta perbaikan fisik seperti perbaikan jalan gang dan lampu jalan. Namun prioritasnya tetap di kebersihan," tandasnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.