Piye

BKD Tak Miliki Data PNS Tak Punya Akta Nikah di Lotim

SuaraLombok.Com | Lombok Timur  -  Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini belum memiliki data mengenai  jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum memiliki akta nikah, padahal Pengadilan Agama Selong mengklaim kalau PNS di Lotim banyak tak miliki akta Nikah.


" Terus terang BKD belum memiliki data atau laporan mengenai PNS yang belum miliki akta nikah," tegas Kepala Bidang Penegakan Disiplin BKD dan  SDM Lotim, Zarkasi kepada Suara Lombok.


Dijelaskannya sesuai dengan Undang-undang (UU) No.1 tahun 1974 tentang perkawinan dan Peraturan Pemerintah (PP) No.53 tahun 2010 tentang disiplin PNS tentunya semua PNS harus memiliki akta nikah. 
Jika tidak yang bersangkutan dinyatakan melanggar aturan administrasi kepegawaian yang ada.


 "Kemungkinan PNS itu tidak memiliki akta nikah karena menikah siri atau kawin dibawah tangan, sehingga ini akan menjadi persoalan berat bagi PNS yang bersangkutan," jelasnya.


Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada semua PNS yang belum memiliki akta nikah untuk segera mengurus jika tidak ingin menerima  resiko dalam pengurusan gaji, asuransi, pinjaman di bank dan pengurusan tanggungan untuk anak dan keluarganya.


" Yang jelas kalau ada PNS yang melakukan nikah siri tanpa mengikuti aturan yang sudah ada tentunya pasti akan ada sangsi yang akan diterima mulai dari sangsi ringan, sedang dan berat," pungkas  Zarkasi. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.