Piye

Baca, Ini Pentingnya Akta Kematian

SuaraLombok.Com Lombok Timur – Berbicara soal kematian, pasti banyak banyak yang tidak menginginkan hal itu. Namun, jika berbicara soal akta kematian, bisa dibilang bahwa akta kematian tersebut sama pentingnya dengan akta kelahiran. Seperti apa kegunaannya ? 

Kepala Bidang Pencatatan Sipil pada Dinas Dukcapil Lotim, H. Rifa’an yang ditemui SuaraLombok.com di ruang kerjanya, Jumat (6/1) menjelaskan bahwa animo masyarakat di Kabupaten Lotim untuk membuat akta kematian sangat minim. Padahal, akta kematian tersebut sama penting dan sama bergunanya dengan akta kelahiran.  

Rifa’an kemudian memaparkan kegunaan dari akta kematian, yakni untuk bagi waris, pencairan Taspen, asuransi, pembuatan silsilah keluarga, serta peminjaman di Bank. "Kalau tidak ada akta kematian, jangan harap akan bisa cair," jelasnya.


Pria yang pernah menjabat sebagai Camat Suela itu juga menambahkan, sampai sejauh ini masih banyak warga Lotim yang belum melaporkan keluarganya yang telah meninggal dunia. Akibatnya, data kependudukan dari warga yang meninggal masih tercatat di buku induk kependudukan. Hal itu juga yang sering disalahkan gunakan oknum yang tidak bertanggungjawab, baik itu dalam hal penerimaan bantuan, hingga kegiatan demokrasi.

"Saya juga heran, dalam satu tahun hanya 149 orang yang meninggal di Lotim. Padahal kalau dilihat dilapangan, hampir setiap hari ada yang meninggal dunia," tambahnya. 

Mengacu itu semua, dia berharap agar msyarakat Lotim mempunyai kesadaran untuk mengurus dan melaporkan warga yang meninggal. Bukan bermaksud mendoakan, namun menurut dia, akta kematian itu tidak boleh diabaikan. Pun ditambahkan Rifa’an, sampai sejauh ini yang paling banyak mengurus akta kematian adalah dari kalangan Pegaai Negeri Sipil, jajaran TNI dan Polri. (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.