Piye

Awasi WNA, Imigrasi Mataram Libatkan Sejumlah Stakeholder

Awasi WNA, Imigrasi Mataram Libatkan Sejumlah Stakeholder
SuaraLombok.Com | Mataram - Maraknya Warga Negara Asing (WNA) yang menyalahgunakan paspor, tanpa dokumen dan overstay di NTB, membuat pihak Imigrasi Kelas I Mataram mengambil langkah antisipasi.  

Kali ini, pihak Imigrasi akan perketat pengawasan. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram Romi Yudianto SH MH mengatakan, pihaknya bahkan akan melibatkan beberapa stakeholder terkait. Seperti pihak Perhotelan, TNI, dan Kepolisian Daerah NTB.

"Kita akan libatkan mereka," ujarnya, Selasa (24/1).

Ia menuturkan, pengawasan ini juga akan difokuskan pada kawasan wisata, seperti Senggigi dan daerah wisata lainnya. Hal ini sekaligus untuk mengantisipasi masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) di NTB.

Menurutnya, banyak WNA berstatus ilegal di kawasan wisata justru bekerja, bukan dalam agenda liburan. Tak sedikit dari mereka bekerja sebagai konsultan maupun membuka usaha sendiri. Seperti usaha penginapan villa, bar, kafe, bahkan hotel.

Hal ini semakin diperparah dengan kenyataan bahwa mereka juga memperkerjakan WNA sebagai karyawan di tempat usaha tersebut. Padahal pihak Imigrasi berharap mereka dapat menyerap tenaga kerja lokal, bukan sebaliknya.

"ini yang akan jadi sasaran penindakan, semua dokumen mereka akan kita periksa " ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk penindakan ini pihaknya akan melibatkan banyak unsur. Mulai dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan hingga instansi terkait serta lembaga hukum lainnya. (01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.