Piye

Apdesi NTB : Pilkades di NTB Berjalan Lancar

SuaraLombok.Com Lombok Timur - Asosiasi Pengurus Kepala Desa Indonesia (Apdesi) Provinsi NTB mengapresiasi pelaksanaan Pilkades serentak yang berlangsung di NTB. Kendati masih ada sengketa dibeberapa titik, namun secara umum pelaksanaan Pilkades itu berjalan cukup aman dan lancar. 

Ketua Apdesi NTB, Umar Ubaid mengatakan hal itu Sabtu (7/1)kepada SuaraLombok.com di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim. "Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Pilkades di NTB yang berjalan lancar sesuai yang diharapkan," ujarnya mengawali.

Dijelaskan pria yang juga Kepala Desa Rempung itu, dari hasil pantauan yang dilakukan Apdesi baik itu di Pulau Sumbawa maupun Pulau Lombok, tidak ditemukan adanya persoalan yang signifikan. Kendati masih ada saja calon Kades yang tidak mengakui kekalahannya, namun dia menilai masih dalam taraf kewajaran. 

Dia berharap, bagi pihaknya yang tidak puas dengan hasil pelaksanaan Pilkades agar menyalurkan aspirasinya melalui jalur yang tepat sesuai aturan yang berlaku. " Kalau ada calon yang tidak puas sudah ada wadah untuk menyelesaikannya melalui sengketa Pilkades," saran Umar Ubaid. 

Lebih lanjut disampaikan Ketua Apdesi NTB itu, pada awalnya, pihaknya khawatir dengan adanya calon lebih dari lima seperti yang terjadi di Lotim. Namun dengan seleksi yang ketat dengan mengacu pada aturan yang ada, tidak terjadi gejolak dalam penetapan calon kades sampai pelaksanaan Pilkades Desember 2016 lalu di Lotim.

Kedepan, harapnya, pihak BPMPD untuk melakukan sosialisasi jauh-jauh hari ke masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui, sehingga turut bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkades nantinya. "Kalau dilihat dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini sosialisasi masih kurang sehingga kedepannya harus ditingkatkan lagi," ujarnya mengakhiri. (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.