Piye

Warga Songak Gelar Ritual Adat Bejango Beliq




Suara Lombok.Com | Lombok Timur Adat dan budaya di Pulau Lombok ini seolah tidak ada habisnya. Selain ritual Rebo Bontong, ada juga ritual Bejango Beliq seperti yang dilaksanakan Warga Desa Songak, Kecamatan Sakra Lombok Timur pada Kamis (29/12).

Ritual itu sendiri merupakan adat turun temurun yang sudah dilakukan dari zaman nenek moyang dan patutu untuk dilestarikan. Prosesi Bejango Beliq sendiri diawali dengan pawai adat, hikayat atau syair-syair sebelum kegiatan inti. Kemudian pada kegiatan puncak, masyarakat membawa dulangan makanan, yang kemudian dibawa ke Masjid Tua Desa Songak diiringi zikir dan doa untuk para leluhur.

Setelah itu kemudian baru melanjutkan ritual ke Makam Kramat yang berada tidak jauh dari Masjid Tua. Kegiatan ritual adat bejango beliq tersebut merupakan warisan turun temurun yang harus di lestarikan oleh warga dan bagian dari budaya," Demikian ditegaskan Kepala Desa Songak, H.Khaerudin Husni kepada wartawan.

Ditambahkan Husni kegiatan ritual Bejango Beliq itu sendiri dilaksanakan pada akhir bulan Desember.Namun begitu, untuk kegiatan Bejango kodeq atau kecil dilakukan setiap Senin dan Sabtu, akan tapi sifatnya hanya untuk keluarga terbatas saja. Kemudian untuk Bejango Beliq itu sendiri dilaksanakan oleh semua masyarakat Songak secara luas.

Seperti diketahui, ritual adat Bejango Beliq iru setidaknya sudah lima tahun dilaksanakan secara terus menerus semenjak berdirinya Desa Songak. Tak hanya itu, ritual itu sendiri sudah menjadi bagian dari event tahunan yang sudah tercatat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lotim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lotim, H.Hariyadi Djuawainy memberi apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ritual Bejango Beliq yang dilakukan warga Desa Songak. Keberadan ritual adat itu, kata dia telah menambah khazanah budaya yang ada di Kabupaten Lotim. "Kami mendukung penuh kegiatan ritual ini, kedepannya kami harap penyelenggaraannya akan lebih semarak lagi," singkatnya mengakhiri. (RS)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.