Piye

Tak Perlu Sidang, Kan ada E-Tilang !

Suaralombok.com, Lombok Barat- Polantas Lombok Barat telah melaunching Program E-Tilang. Program ini untuk mempermudah masyarakat yang terkena tilang.

Kasatlantas Polres Lobar Iptu Gusriyadi Abustan mengatakan, pelanggar atau masyarakat hanya perlu mengakses melalui aplikasi yang telah disediakan Polantas. “Jadi semua masyarakat dapat mengakses lewat internet,”jelasnya, Kamis(8/12/2016).

Program ini akan diperkenalkan kemasyarakat pada Selasa (6/12/2016) kemarin. Program baru tersebut akan segera disosialisasikan langsung kepada masyarakat yang ada.

Gusriyadi menjelaskan mengenai mekanisme E-Tilang. Pelanggar yang ditilang nantinya akan diberikan bukti penilangan oleh kepolisian. Bukti yang tertera denda tersebut dapat langsung dibayarkan melalui Bank tanpa mengikuti persidangan.

“nanti disana akan tertera berapa biaya penilangan setelah persidangan,” jelasnya.
sementara untuk surat-surat dan kendaraan yang ditahan saat penilangan. Dia mengatakan akan diberikan setelah pelanggar melakukan pembayaran melalui E-Tilang. Pelanggar tinggal membawa bukti pembayaran yang dilakukan di bank untuk ditukarkan dengan surat-surat atau kendaraannya.

“Jadi pelanggar nantinya bisa tidak ikut sidang, namun tetap akan ada hasil sidang penilangannya,” ujarnya
Lebih lanjut Gusriyadi menjelaskan, pelanggar yang telah memiliki rekening bank yang bekerjasama dengan program ini dapat langsung membayarkan tanpa perlu menunggu hasil vonis sidang keluar.

“Nantinya akan ada pemberitahuan melalui  sms, mengenai hasil sidang dan kelebihan pembayaran yang di lakukan kemudian dapat untuk diambil kembali, pungkasnya. (Wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.