Piye

Suhaili “Persulit Izin Investor itu Lucu”

SuaraLombok.Com | Lombok Tengah - Belum terealisasinya pembangunan prasarana bidang pariwisata dan jasa perhotelan di Lombok Tengah oleh investor menjadi pembahasan hangat di kalangan pengampu kebijakan di bumi Tatas Tutu Trisna.
Terkait persoalan ini sejumlah investor beralasan molornya realisasi pembangunan yang mereka targetkan karena persoalan pengurusan izin di Kabupaten Lombok Tengah terbilang sulit sehingga membuat agenda pembangunan yang dijanjikan tidak bisa teralisasi tepat waktu/
Alasan klise para investor ini memaksa Bupati Loteng, H. Moh. Suhaili. FT angkat bicara menampik tudingan tersebut. Orang nomer satu di loteng tersebut menegaskan pihaknya tidak terlalu mempersoalkan masalah izin.
“Izin mah gampang, yang penting mereka jalan saja dulu dengan syarat utamanya seperti Amdal,” ungkap Suhaili sembari mencontohkan dirinya memberikan keleluasaan kepada investor asal Australia yang akan membangun RS Internasional tanpa harus menyelesaikan izin terlebih dahulu.
Kebijakan tersebut ditempuh sang Bupati, karena daerah yang dipimpinnnya sudah ditarget menjadi kiblat pariwisata Indonesia bahkan dunia, jadi target tersebut harus berjalan seiring dengan lajunya pembangunan infrastruktur dan sarana pariwisata yang memadai. Suhaili juga membantah pihaknya mempersulit izin investor untuk masuk dan andil dalam mega proyek pariwisata tersebut.
 “Masa kita persulit, kan lucu, iya toh,” sanggahnya.
Suhaili juga menambahkan,  pihak pemkab Loteng saat ini justru mendesak investor asal China agar segera merealisasikan proyek pembuatan jembatan gantung di Desa Lantan yang akan menjadi salah satu jalur alternatif menuju kawasan Gunung Rinjani, sekaligus sebagai penghubung dan penyeimbang wisata bagian selatan dengan utara.
Di bagian Selatan saat ini sudah ditangani langsung oleh pihak ITDC, sementara di bagian Utara yang mengandalkan wisata alam harus ditangani juga oleh investor yang mumpuni dan tidak main-main.
“Bila perlu, izin bisa diurus sambil jalan, kita permudah, Pastinya ini sangat berpengaruh bagi prekonomian juga ya, dan Insya Allah akan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (Ray)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.