Piye

Semua Kadis Dikumpulkan Sekda, Bahas Realisasi Pengerjaan Fisik dan Keuangan

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Seluruh kepala dinas di Lombok Utara dikumpulkan oleh Sekda KLU, Suardi di ruang Sekretariat Senin (19/20). Bukan tanpa alasan, digiringnya seluruh Kadis tersebut guna membahas realisasi disemua instansi mengingat telah memasuki akhir tahun anggaran.  Mengingat beberapa realisasi maupun progress pengerjaan proyek fisik yang masih sangat rendah.

‘’Kita mengumpulkan SKPD untuk mengevaluasi hasil pekerjaan fisik dan keuangan tahun anggaran 2016, yang sudah masuk akhir tahun ini. Kita meminta seluruh Kepala SKPD untuk segera menuntaskan realisasi,” ungkap Sekda KLU, Suardi.

Dijelaskan, saat ini realisasi fisik baru mencapai 67 persen lebih, sehingga ditargetkan sebelum tanggal 31 Desember nanti prosentasenya meningkat paling tidak mencapai 80 persen. Jika ditemukan masih ada beberapa pengerjaan yang tidak mencapai standar maka sejumlah opsi pun disiapkan.

‘’Jika ada ditemukan pekerjaan fisik dibawah 70 persen, maka akan langsung di stop tentu diberi bayaran sesuai pengerjaan mereka. Kalau yang diatas 80 persen, maka diberi tambahan waktu sampai 100 persen,” jelasnya.

Terhadap pengerjaan yang mencapai target hingga 80 persen tidak serta merta langsung dibayar. Melainkan Pemda akan melakukan pembayaran sesuai pekerjaan akhir tahun ini dan sisanya akan dilakukan pada tahun anggaran 2017 di APBD perubahan. 

‘’Dan pihak ketiga harus berkomitmen bisa menuntaskannya, sehingga bisa dimanfaatkan semuanya,” tegasnya.

Sementara realisasi keuangan sudah tercapai 70 persen lebih, sehingga pihaknya tidak perlu khawatir. Namun, ia menegaskan kepada seluruh SKPD sebagai penanggung jawab agar bisa menyelesaikan semuanya pada tanggal 31 Desember. Pasalnya, jika tidak diselesaikan ditambah aktifnya OPD baru khawatirnya bakal menjadi beban daerah. 

‘’Kita akan minta kalau memang tidak bisa akan berikan teguran yang ada di masing-masing SKPD yang punya tanggung jawab, apakah perlu sanksi atau tidak, karena SKPD yang lebih tahu” katanya. 

‘’Mereka harus betul-betul mengawalnya, dan semoga berjalan sesuai harapan, baik dari sisi kualitas dan administrasinya. Saya melihat hanya persoalan administrasi dan mereka sudah ngebut,” tandasnya. (rgw).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.