Piye

Rawan Bencana, BPBD Lotim Siaga Banjir Bandang


SuaraLombok.Com | Lombok Timur -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur meminta kepada masyarakat Lotim untuk mewaspadai terjadinya banjir bandang,  Terutama di wilayah Sambelia, Belanting dan sekitarnya.

Selain itu juga bencana longsor  di kawasan Sembalun maupun kecamatan lainnya di Lotim tetap selalu diwaspadai. Dengan tentunya memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang tinggal di rawan bencana.

Demikian ditegaskan Kepala BPBD Lotim, H.Napsi kepada Suara Lombok.Com di Selong. " Yang perlu kami antisipasi adalah kasus bencana longsor dan banjir," tegas Napsi.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim menjelaskan dirinya tidak ingin kasus bencana banjir bandang yang terjadi di Bima akan terjadi di Lotim. Maka berbagai langkah antisipasi terus kami lakukan.

Dengan tentunya melakukan pemasangan alat deteksi bencana di wilayah Gunung Paok, Kecamatan Montong Gading. Termasuk juga melakukan koordinasi dengan pihak BMKG guna mengetahui situasi cuaca yang ada.

" Kami juga telah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana alam," terang Naspi yang juga mantan Asisten II Setda Kabupaten Lotim.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat pada tahun 2016 lalu, Kabupaten Lombok Timr tepatnya di di Kecamatan Sambelia dan Sembalun pernah diterpa banjir bandang yang menyebabkan puluhan rumah hancur terseret bandang dan menimbulkan korban jiwa.  (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.