Piye

Ratusan Polisi Sampai Alat X-Ray Akan Disiagakan di Bangsal

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Pengamanan di tiga gili khususnya di Gili Trawangan saat perayaan malam tahun baru menjadi atensi pihak Polres Lombok Utara. Betapa tidak, ribuan bahkan jutaan orang ditaksir akan memilih destinasi unggulan di NTB itu untuk menghabiskan moment satu tahun sekali ini. Beberapa upaya pun sudah disiapkan oleh Polisi, termasuk menyediakan alat X-ray guna memeriksa barang para penumpang.

‘’Nanti alat itu seperti detector untuk periksa barang penumpang ini akan disiagakan sampai selesai malam tahun baru,” ujar Kapolres KLU, AKBP Rifai. Senin (26/12).

Dijelaskan, langkah ini sebenarnya untuk menjaga suasana tetap kondusif. Dengan memeriksa barang milik penumpang, diantisipasi yakni masuknya peredaran narkoba ke Trawangan. Tak hanya itu, senjata tajam, senjata api, miras, mercon, dan lain sebagainya kalau pun di dapati pasti akan segera disita.

‘’Kalau kedapatan barang-barang yang dilarang maka akan disita. Setelah itu kami tindak,” jelasnya.

Pemeriksaan tidak berhenti sampai Bangsal saja, pasalnya aparat Desa Gili Indah, beserta Security Island, dan Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan (APGT) akan kembali memeriksa barang milik penumpang sesampainya di Trawangan. Bahkan untuk memudahkan koordinasi, petugas membagi dua titik masuk ke Gili Trawangan tersebut, yakni satu pintu di pelabuhan dan lainnya di dermaga apung.

‘’Nanti kami juga akan menjaga di jalur penyebrangan lain, seperti   Polisi Teluk Nara, Teluk ombal, Mentigi, sampai jalur tikus lainnya,” tegasnya. 

Terlebih, dalam hal ini pihaknya sudah menyiagakan sekitar 200 personil Kepolisian KLU yang kita kerahkan dibantu oleh Dishub, Sat Pol PP, TNI, Basarnas masing-masing 30 personil. Nantinya mereka akan disebarkan ke 12 titik di Gili Trawangan, satu titik di Meno, dan satu titik di Gili Air.

Selain itu, personil lain juga akan bertugas disana seperti dari Polda NTB sebanyak 160 orang terdiri dari Sabhara, Brimob, Pol Air, Narkoba, Dinas Kesehatan, termasuk juga humas. Dengan begitu, diharapkan perayaan malam tahun baru bisa berjalan aman dan lancar.

‘’Nanti akan digelar BKO di Bangsal yang akan turun H-2 dan H+1. Untuk sisanya kita sebar di masing-masing tempat, apalagi 25 Desember hingga 1 Januari 2017 ada acara yang diselenggarakan Pemda,” pungkasnya.(rgw).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.