Piye

Pilkades Lotim Tidak Sesuai Harapan

SuaraLombok.Com | Lombok Timur -  Forum Kepala Desa Lombok Timur menilai pelaksanaan Pilkades serentak pada 14 Desember 2016 lalu belum maksimal sesuai harapan. Sebab masih ada beberapa persoalan yang tentunya harus menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten Lotim kedepannya.

Demikian ditegaskan Ketua Forum Kades Lotim, L.Muhir kepada SuaraLombok.Com. " Kami melihat pelaksanaan Pilkades belum berjalan dengan maksimal," tegas Muhir.

Kepala Desa Bagik Payung Timur ini menjelaskan, pasca Pilkades tersebut timbul berbagai macam masalah. Dengan adanya beberapa calon kades yang tidak terima dengan hasil Pilkades tersebut.

Sehingga tentunya berdampak pada terjadinya gugatan sengketa Pilkades. Seperti di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Desa Montong Baan, Kecamatan Sikur dan Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga. Bahkan tidak menutup kemungkinan desa lainnya akan menyusul nantinya.

" Tiga Desa itu Cakadesnya sedang menyiapkan diri untuk mengajukan gugatan ke tingkat panwas maupun kabupaten," terang Muhir yang sudah dua periode terpilih menjadi Ketua Forum Kades.

Lebih jauh ia menambahkan, selain itu juga adanya sejumlah desa yang pada waktu hari pelaksanaan Pilkades anggarannya belum dicairkan. Sebab anggaran Pilkades ini berasal dari dua sumber yakni APBD dan APB Desa.

Maka masalah-masalah seperti ini tentunnya menjadi perhatian dari semua pihak yang terlibat dalam Pilkades tersebut. Begitu juga dari Kabupaten hanya melakukan sosialisasi kepada desa yang melaksanakan Pilkades saja. Seharusnya semua masyarakat disosialisasikan agar mereka semua paham.

" Saya mengerti ini baru pertama Lotim melaksanakan Pilkades, sehingga kekurangan yang muncul dalam Pilkades pertama ini bisa dievaluasi pada Pilkades kedepannya agar tidak terulang lagi," tandas Muhir
Sementara  untuk tahun 2017 mendatang, Pilkades akan lebih besar lagi. Pilkades mendatang akan diikuti ratusan desa di Lotim. (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.