Piye

Pengerjaan Proyek Masih Rendah, Dewan KLU Geram

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Menginjak akhir tahun hasil pembangunan fisik proyek di KLU masih berkisar di 70 persen. Hal ini berdasarkan pantauan sejumlah anggota komisi III DPRD KLU. Alhasil pengerjaan proyek pun kini serba dikebut.

“Dari yang kita lihat ada beberapa yang masih dibawah 50 persen. Bahkan ada yang sekitar 20 persen,” ujar Kardi, anggota Komisi III DRPD Lombok Utara. Kamis (15/12).

Komisi III sendiri sempat melakukan pemantauan ke proyek pembangunan saluran air di Mursemalang, pengaspalan jalan di Batu Lilir, dan pengerjaan di Teres Genit.

‘’Mursemalang progresnya sudah mencapai 50 persen. Pipanya juga sudah ada tinggal dipasang jadi kalau sudah dipasang progresnya akan meningkat tinggi,” katanya.

Begitu juga dengan pengaspalan jalan di Batu Lilir yang menyisakan tahap finishing, seperti pembangunan rabat dan drainase. Namun selain proyek-proyek tersebut masih ada beberapa yang progresnya harus ditingkatkan. Pihaknya pun sempat melakukan komunikasi dengan PPK salah satu proyek, menegaskan supaya pengerjaan mereka harus sudah 100 persen pada 28 Desember nanti.

“Kalau tidak bisa tuntas terpaksa jangan dikasi lagi tahun depan. Dalam hal ini Dinas PU harus tegas,” tegasnya.

Menurutnya, tentu progres ini sangat mengkhawatirkan. Umpamanya ketika sampai batas kontrak yang ditentukan pengerjaan masih stagnan. Maka dinas terkait juga harus memberikan sanksi tegas.

Pihaknya juga menyarankan, terhadap kontraktor yang masih dibawah 50 persen agar menambah pekerja. Jangan sampai lambannya pengerjaan proyek fisik ini bisa merugikan daerah. Terlebih juga akan berimbas kepada pelayanan di masyarakat.

Kardi menambahkan, ia pun tidak ingin pengerjaan fisik yang melebihi tenggang waktu. Sebab dikhawatirkan akan berimbas pada sanksi yang akan diberikan pusat. Pasalnya saat ini proyek fisik yang masih dikerjakan sebagian besar merupakan dana dari pusat seperti DAK.

‘’Kalau kena sanksi daerah juga yang repot. Maka dari itu agar teman-teman ini kita dorong,” pungkasnya.(rgw).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.