Piye

Pemkab Lombok Utara Akan Implementasikan Rumah Layak Sehat


suaralombok.com  |  Tanjung – Pemkab Lombok Utara berencana mengimplementasikan Rumah Layak Sehat (RLS) berbasis MCK ( Mandi, Cuci, Kakus) 2018 mendatang. Hal ini untuk menunjang kesehatan masyarakat Lombok Utara khususnya yang berada di daerah pelosok.

“Iya standar kita harus dinaikan lah, kalau sekarang rumah layak huni kedepannya naik jadi rumah layak sehat,” ujar Bupati KLU Najmul Ahyar.

Dijelaskan, teknis pengerjaan rumah ini nantinya akan mengkolaborasikan antara SKPD satu dengan lainnya. Misalnya seperti Dinas Kesehatan dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH). Prosesnya tentu melalui pendataan yang ketat agar pembangunan rumah ini tidak salah sasaran.

‘’Kita inginkan harus integrasi umpamanya Dikes dengan KLH,” jelasnya.

Menurutnya, sekarang banyak warga Lombok Utara tinggal di pelosok desa didataran tinggi. Tentu kesehatan mereka menjadi taruhan, lantaran akses kebersihan maupun sarana dan prasarana sangat terbatas. Ini juga faktor lain untuk mendorong masyarakat KLU meningkatkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

‘’Sekarang ini boleh dibilang kami akan memfokuskan diseluruh Kecamatan. Hanya saja Kecamatan Bayan dan Kayangan menjadi perhatian khusus. Implementasinya pun akan mengarah pada STBM itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, Suhardi mengatakan program RLS ini merupakan peningkatan status dari pembangunan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Hanya saja konsep MCK menjadi pembeda yang lebih menekan kan kebersihan.

‘’Kalau ini kan MCK, sementara yang lain tidak berbasis itu. Semoga bisa dimulai tahun 2018 mendatang,” tandasnya.(rgw). 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.