Piye

Pembangunan Pelabuhan Dengan Konsep Marina Mulai di Bangun di Lombok Barat

Suaralombok.com | Setelah proses yang cukup panjang, PT. Pelindo III resmi memulai pembangunan terminal Pelabuhan Gili Mas di Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lobar Kamis (22/12) . Pelabuhan dengan konsep marina yang di gadang-gadang sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia bagian timur ini bisa menampung berbagai kapal pesiar yang selama ini belum bisa nyandar di pelabuhan lembar. 

Dirut PT. Pelindo III Orias Petrus Moedak menyampaikan  bahwa dibangunnya pelabuhan Gili Mas tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah. Adapun menurut dia, Pelabuhan Gili Mas itu sebagai langkah awal dalam melakukan perbaikan-perbaikan terhadap pelabuhan yang ada di Indonesia secara umum. “Ini juga sebagai bentuk komitmen Pelindo III dalam upaya peningkatan jasa kepelabuhanan,” ungkapnya.

Ditambahkan Orias, dibangunnya pelabuhan Gili Mas juga sebagai langkah antisipasi terhadap meningkatnya arus barang dan arus kapal pesiar yang selama ini datang di Pelabuhan Lembar. “Terminal Gili Mas ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama disebut dengan reklamasi tahap pertama akan berakhir pada tahun 2019 dan reklamasi tahap ke dua yang akan selesai tahun 2021,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Orias, latar belakang dibangunnya Pelabuhan Gili Mas berawal dari beberapa hal seperti terbatasnya lahan, kesulitan kapal dalam bermanuver serta terbatasnya pelayanan di pelabuhan Lembar. Oleh karena itu, dalam tahap pertama, reklamasi pelabuhan tersebut akan menghabiskan lahan seluas 11 hektar dengan panjang dermaga 200 meter. Kemudian di tahap ke 2 akan menghabiskan lahan 17 hektar dengan panjang dermaga 400 meter. “Selain itu, terminal Gili mas juga akan dilengkapi fasilitas terminal penumpang dengan luas 2.600 m2 yang dapat menampung 1.500 orang,” jelasnya. (Tn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.