Piye

Lima Kecamatan di Bima Terendam Banjir

SuaraLombok.Com  | Bima -  Bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Bima Nusa tenggara barat hingga Sabtu (24/12) hari ini masih terjadi bahkan semakin meluas. Hingga hari ini tercatat sudah dua kali banjir susulan yang  menghantam pemukiman warga yang terakhir terjadi pada Jumat kemarin.

Data sementara Badan Penanggunalan Bencana Daerah  Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan akibat luapan banjir susulan yang terjadi, Sedikitnya lima Kecamatan  di kota Bima Kecamatan Rasai Timur yang terdiri dari empat kelurahan, Kecamatan Mpuda sembilan kelurahan, Kecamatan Raba sepuluh Kelurahan, Kecamatan Rasanai Barat enam Kelurahan, dan terakhir kecamatan Asakota empat kelurahan, seluruhnya terkena dampak banjir susulan dan terendam dengan intensitas ketinggian air mencapai 1 hingga 1, 5 meter.

Dampak Banjir tersebut mengakibatkan sedikitnya 104.378 orang dari total 105.758 jiwa warga terdampak di 33 Kelurahan tersebut terpaksa mengungsi  ke posko pengungsian, karena pemukiman nya terendam banjir total.  Tak hanya itu sebanyak 4 puskesmas dan 29 polindes juga dinyatakan rusak tidak bisa difungsikan.

Sementara menurut data dari  BPBD  Kota Bima hingga Sabtu hari ini tercatat  593 rumah rusak berat, 2.400 rumah rusak sedang dan16.226 rumah rusak ringan.  Angka ini diperkirakan akan terus bertambah  karena proses pengumpulan data masih belum selesai dilakukan pihak terkait. (Rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.