Piye

Lapak Arena Buah Akan Segera di Tertibkan

Suaralombok.com | MATARAM - Lurah Cilinaya akan segera menertibkan seluruh lapak pedagang di sekitar areal publik. Seperti lapak yang ada di Arena Buah. Pasalnya, keberadaan lapak tersebut kerap mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Hal ini sesuai dengan instruksi Walikota Mataram beberapa waktu lalu.

“Ini untuk ketertiban dan kenyamanan pengguna jalan,” ujar I GA A Nugrahini, Lurah Cilinaya Rabu (7/12).
Ia menuturkan, selama ini beberapa titik pedagang yang ada terkesan kumuh. Hal ini tentu mengganggu keindahan tata kota Mataram. Selain itu, beberapa diantaranya dibangun hingga menggunakan trotoar dan saluran air.  Bahkan ada yang sampai membangun MCK diatas saluran air tersebut.
 “Ini yang membuat kumuh,” tegasnya.

Banyak permasalahan lain turut timbul akibat lapak tersebut. Salah satunya seperti di sebelah timur arena buah. Salah satu oknum pemilik lapak enggan untuk dibongkar. Sementara ia menggunakan lahan pertokoan orang lain.

Nugrahini menjelaskan, semua berawal dari 2008 silam. Oknum pemilik lapak ini diberi kesempatan berjualan dengan syarat siap bongkar saat pemilik toko memerlukan lahan tersebut. Namun hingga beberapa hari yang lalu, oknum malah menolak untuk pindah. Alasannya karena lapak yang lain pun juga seperti dirinya.

“Padahal diberi ganti rugi sebesar Rp 1 juta untuk pindah,” sambungnya.
Akhirnya, pihak kelurahan mengambil jalan tengah untuk mediasi. Oknum tersebut bersedia pindah asalkan diberi waktu untuk menghabiskan jualannya. Sebagai ganti lapak tersebut, ia diberikan gerobak oleh kepala lingkungan.

Namun hal tersebut menimbulkan masalah baru. Oknum tersebut malah pindah dan mendirikan lapak di lahan toko lain. Alasannya, oknum ini telah mendapatkan ijin dari pemilik toko. Anehmya, pemilik toko malah mengadu pada pihak kelurahan. Setelah diusut, ternyata ia tidak mendapatkan ijin dari pemilik toko, tapi dari kakak pemilik toko.

“Ini lagi yang kita urus,” kata Nugrahini.
Menurutnya, pihak kelurahan akan segera menertibkan lapak yang ada di kawasan tersebut. Sebab selain menganggu, juga menimbulkan banyak masalah dan keluhan.
“semua lapak harus ditertibkan,” tandasnya. (hd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.