Piye

KPU Lobar Lakukan Persiapan Untuk Pilkada 2018

Suaralombok.com, Lombok Barat-KPU Lombok Barat tengah melakukan persiapan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung dua tahun lagi. Segala persiapan tengah dilakukan panitia. Salah satunya melakukan rapat koordinasi, belum lama ini.

Rapat Koordinasi yang berlangsung di Lesehan Ujung Landasan Lobar itu di hadiri oleh para instansi terkait. Rapat itu membahas anggaran yang dibutuhkan untuk berlangsungnya Pilkada itu.

“Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 33,6 M,”ungkap Ketua KPU Lobar Suhaimi Syamsuri saat dikomfirmasi, Kamis (8/12).

Suhaimi mengatakatan anggaran tersebut lebih tinggi dibandingkan anggaran yang sebelumnya dimana hanya mencapai Rp 14 M. Hal ini karena Peraga pendukung kampanye tidak lagi disiapkan oleh kandidat.
“dulunya masing-masing calon, tapi sekarang KPU yang siapkan,”katanya.

Dia menjelaskan kenaikan juga karena adanya kenaikan honor yang diberikan kepada panitia penyelenggara. Dimana dulunya ketua KPPS hanya memperoleh honor sebesar Rp 200 ribu, akan direncanakan naik menjadi Rp 550 ribu.
“direncanakan akan naik pada Pilkada 2018,”jelasnya.

Sementara untuk Kampanye sendiri, dia menerangkan nantinya para calon yang memiliki sosial media(sosmed), yang akan di gunakan untuk kampanye. Terlebih dahulu harus meminta persetujuan dari KPU
“biar terpantau semua aktifitasnya oleh KPU,”ujarnya.

Kemudian untuk alat peraga kampanye, hanya boleh sebanyak yang ditentukan dalam regulasi. Hal ini karena untuk mengurangi tanggung jawab KPU jika terjadi kerusakan.
“itu akan menjadi tanggung jawab bersangkutan,”tandasnya.

Suhaimi menambahkan, anggaran untuk Pilkada dua tahun itu akan dilakukan secara dua tahap. Yakni APBD 2017 sebesar lebih dari Rp 9 M dan sisanya pada APBD 2018. (dde)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.