Piye

Keluarga Lebih Berperan Membentuk Anak Didik Yang Berkualitas

suaralombok.com |  Lombok Barat - Untuk memajukan pendidikan di masa yang akan datang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat menggelar Sosialisasi Penguatan Pelaku Pendidikan Keluarga .

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Kepala Dinas Dikbud, Ketua Dewan pendidikan TGH Subki Sasaki dan sekitar 720 orang guru dan Kepala Sekolah dari semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, dan SMP se Kabupaten Lombok Barat.

Mendidik anak didik tidak hanya di sekolah saja, akan tetapi masyarakat dan keluarga juga berperan dalam hal itu. Pentingnya peran dan keterlibatan keluarga di era ini sangat besar untuk  menghasilkan anak didik terbaik.

“Mendidik di era kita jauh berbeda dengan zaman sekarang yang serba digital. Untuk itu diharapkan lewat sosialisasi ini akan berdampak positif dalam menentukan arah masa depan anak,” harap Kadis Dikbud, Ilham.

Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid yang berkesempatan membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena dianggap sangat penting untuk pendidikan anak didik. Bupati mengakui keterlibatan sangat strategis keluarga untuk menopang pendidikan yang berkualitas.

“Berbicara kualitas pendidikan ada empat faktor yang harus diterapkan dan dilibatkan yaitu guru, keluarga, lingkungan, dan siswa. Ini yang menentukan arah yang lebih baik,” ujarnya.

Lanjutnya, Ia yakin perilaku anak dan karakter anak terbentuk dengan kebiasaan keluarga.  Untuk itu  guru harus melakukan pembiasaan baik dan melakukan hal-hal positif yang bisa ditiru oleh anak didik.

Fauzan menambahkan, Sekolah harus mendukung fasilitas perpustakaan agar anak didik bisa menggali ilmu dengan cepat.

“Guru tidak hanya transfer ilmu tapi juga transfer kebiasaan,” ungkap Bupati. (hd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.