Piye

Dinas Pariwisata Siap Tampung Proposal Calon Wirausahawan

Suaralombok.com | Lombok Utara– Program pencetakan 10 ribu wirausahawan baru kini mulai terlaksana. Seluruh calon wirausahawan akan diberi bekal oleh Pemkab Lombok Utara. 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata KLU, Kamis (8/12) mereka melakukan penyuluhan kepada masyarakat Kecamatan Tanjung di depan Kantor Desa Sokong. Tujuannya, tak lain guna merangsang minat, hingga didapati usaha apa sekiranya yang ingin dibuka.

“Ini kita jelaskan bagaimana mekanisme serta kita beri mereka pelatihan dengan tujuan menimbulkan minat berwirausaha khususnya menyangkut pariwisata,” ujar Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Dinas Pariwisata KLU. Mardi.

Hal semacam ini akan dilaksanakan merata diseluruh Kecamatan di Lombok Utara. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat yang sudah mengetahui minat serta usaha yang akan dibuka. Mereka mau membuat kelompok yang nantinya mengajukan anggaran melalui sistem proposal ke Dinas.

“ Kalau tidak salah sekarang sudah 35 proposal yang masuk,” jelasnya.
Bentuk dari pada wirausaha bisa berbagai macam. Umpamanya seperti kerajinan, menjual jasa wisata, lapak, yang berimplementasi kepada meningkatnya SDM pelaku wisata disebuah destinasi itu sendiri.

“Yang kami inginkan sebenarnya supaya pemilik usaha ini jangan hanya pelaku yang sudah besar. Tetapi juga putra putri asli KLU, ini juga indikasi untuk mengurangi angka kemiskinan,” katanya. 

Hanya saja, terkait mekanisme persetujuan anggaran proposal disetujui, pihaknya mengaku semua itu tergantung TAPD. Sebab proposal yang masuk melalui SKPD kedepannya bakal diverifikasi ulang dan disetujui oleh TAPD tersebut.

‘’Meskipun sudah disetujui TAPD tapi mereka nanti akan tetap dibina, artinya pelatihan ini tidak hanya sampai disini. Kita juga akan gelar di Pemenang pada hari terakhir nanti,” tandasnya.(rgw)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.