Piye

Dikes Tambah Dokter di Seluruh Puskesmas Tahun Depan

SuaraLombok.com | MATARAM - Sebagai Puskesmas berprestasi tingkat provinsi, Puskesmas Dasan Cermen masih kekurangan dokter.  Ia mengatakan, dokter di puskesmas hanya satu meski telah terjadi berkali-kali pergantian kepala puskesmas.
 
“Kami masih kekurangan tenaga dokter,” aku H Hendra Taurus Sandi, Kepala Puskesmas Dasan Cermen, Jumat (23/12)

Ia menuturkan, Puskesmas Dasan Cermen hanya memiliki satu dokter. Hal ini telah berlangsung sejak sebelum ia menjabat menjadi kepala Puskesmas. Tentunya, ini membuat pelayanan sedikit lamban.

Sebab itu Raden berharap,  Dinas Kesehatan Kota Mataram melakukan penambahan dokter di Puskesmas Dasan Cermen. Idealnya, setiap puskesmas memiliki lebih dari satu dokter. 

 “Ini yang mungkin menjadi harapan kami,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H Usman Hadi mengakui kekurangan dokter di beberapa Puskesmas. Terlebih lagi dengan adanya Permenkes Nomor 21 tahun 2016. Dinas Kesehatan Kota Mataram akan melakukan penambahan dokter di setiap Puskesmas.

“Kita pasti akan lakukan penambahan,” ujarnya.

Ia megakui, Setiap Puskesmas idealnya memiliki minimal satu dokter umum dan satu dokter gigi. Hal ini menjadi dasar pertimbangan untuk menambah jumlah dokter. Hanya saja, penambahan dokter bukan dari PNS. Sebab hingga saat ini belum ada pengangkatan PNS untuk dokter.

“Rencananya tahun depan tapi itu tergantung dokternya,” sambung Usman.

Ia menambahkan, penambahan dokter tahun depan diperkirakan cukup banyak. Sementara tahun ini pun tidak ada pengangkatan dokter tetap. Sebagai ganti, Dinas Kesehatan menambah dengan tenaga kontrak.

“Mataram belum  punya peluang untuk memiliki dokter dengan status PNS, karena tahun ini tidak ada penerimaan CPNS, makanya untuk memenuhi standar tersebut, Dikes menempatkan dokter kontrak di puskesmas yang masih kekurangan dokter,” pungkasnya.  (MyO)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.