Piye

Angin Kencang, Nelayan Tak Bisa Melaut

Suaralombok.com | Lombok Barat - Para Nelayan di Dusun Kuranji Dalang Desa Kuranji Kecamatan Labuapi Lombok Barat dari beberapa hari yang lalu tak dapat melaut. Pasalnya angin kencang  disertai gelombang tinggi terjadi di wilayah perairan tempat mereka melaut. 

Salah seorang nelayan asal Desa Kuranji, Satariah menuturkan, dia dan puluhan nelayan di Desa Kuranji takut melaut karena cuaca yang kurang bersahabat. Mereka tak ingin kejadian beberapa tahun lalu terulang, karena membahayakan diri dan juga perahu mereka. 

Satariah menambahkan, angin kencang yang terjadi beberapa hari terakhir ini membuat dirinya dan nelayan yang lain tak bisa berbuat apa-apa. “Sudah 5 hari kita tak pergi mencari ikan di laut, karena angin kencang ini, kalau kita paksakan melaut, takutnya nanti kita terseret angin dan tak bisa mengendalikan perahu.” keluhnya. 

Sebagai sampingan akibat tak melaut, dia dan beberapa rekannya mencari pekerjaan lain. Saat ini dia berkerja serabutan salah satunya sebagai buruh bangunan. Menurut dia, pekerjaan sebagai buruh bangunan terpaksa diambil sampai cuaca kondusif dan bisa melaut lagi. 

“Sementara ini, terpaksa kerja di proyek dulu menjadi buruh bangunan, untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari, sedangkan nelayan yang lain, ada yang mengisi waktu mereka dengan memperbaiki jaring, dan juga menambal perahu yang bocor.” ungkapnya 

 Dari informasi yang diperoleh, ketinggian gelombang di pesisir pantai Kuranji mencapai 2 meter. Sementara angin juga begitu kencang. ( tn )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.