Piye

1.135 Warga KLU Jadi TKI, Kecamatan Gangga Paling Banyak

SuaraLombok.com | Lombok Utara - Tercatat 1.135 warga KLU menjadi TKI di tahun ini. Jumlah ini didominasi warga asal kecamatan Gangga.

‘’Jumlah ini naik dari pada tahun lalu sekitar 814 orang,” ujar Kabid Tenaga Kerja, Dinsosnakertrans KLU, Itradim, Selasa (27/12).

Data tersebut merupakan komulatif pencapaian kerja TKI keluar negeri. Kecamatan Gangga sebanyak 367 orang dan Kayangan 317 orang. Keseluruhan ini tersebar kebanyakan di daerah timur tengah.

Ia mengaku dalam sehari warga dua Kecamatan ini datang ke kantor Dinsosnakertrans sekitar 3 hingga 5 orang guna mendaftarkan diri sebagai TKI. Meskipun merupakan hak, ia pun harus memilah betul sebelum mengeluarkan rekomendasi dari Pemkab setempat.

‘’Kalau dari Kayangan ini bisa sampai 5 orang yang datang setiap hari, kita mesti pilih-pilih jangan sampai yang anaknya baru berusia 2 tahun lantas pergi jadi TKI. Kalau itu kita tidak kasi izin,” tegasnya.

Menyoal negera tujuan, Malaysia merupakan dominan ketimbang sejumlah Negara tujuan calon TKI tersebut. Tercatat tahun ini sekitar 719 orang yang merantau ke negeri jiran itu, sementara tahun sebelumnya tercatat hanya 439 orang.

‘’Ada peningkatan yang cukup drastis, karena disana mereka bekerja di bidang perkebunan yang mana itu cocok untuk mereka,” katanya.

‘’Lalu yang kedua ada Brunie Darussalam, kalau ke Syria tidak ada kami tak izinkan kalau yang itu,” pungkasnya.(rgw). 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.